Cari Blog Ini

Minggu, 17 Juli 2011

KSM Rukun Manunggal Desa Keprabon

Kelompok Swadaya Masyarakat atau biasa disingkat (KSM) Rukun Manunggal merupakan salah satu KSM dampingan Yayasan Insan Sembada (YIS) di Desa Keprabon, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Kelompok ini beranggotakan beberapa pengrajin rumah tangga yang ada di desa tersebut.
Desa Keprabon, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten secara umum merupakan wilayah agraris. Namun demikian sebagian anggota masyarakatnya juga mempunyai usaha-usaha ekonomi produktif alternatif. Salah satu usaha ekonomi produktif yang menonjol adalah usaha handy craft yang diproduksi oleh pengrajin rumah tangga (Home Industry). Usaha home industry ini menggunakan bahan baku pilihan dan merupakan usaha recycle, reuse dan reduce yang sangat baik sekali untuk mendukung upaya global untuk melestarikan lingkungan dan mengurangi dampak global warmning. Dalam pengerjaannya, para perajin sangat mengutamakan kualitas dan kepuasan bagi para pelanggannya tanpa meninggalkan aspek efisiensi usaha dan keberlanjutan usaha perajin.

JENIS PRODUK

Beberapa produk unggulan home industri yang di produksi oleh perajin misalnya tas, wayang, kerajinan tanduk, dompet, tas laptop, dompet pensil, kipas, kerajinan pande besi, souvenir pernikahan, dll. Produk-produk tersebut ditawarkan dengan harga yang menarik dan bersaing, dengan layanan kualitas produk yang prima dari para perajin.

LINK PEMASARAN
  • Produk kerajinan tanduk, pemasaran sudah ke Solo, Sumatera, dan Magelang.
  • Produk kipas, pemasaran sudah ke Solo, Sumatera, Magelang, dan Semarang.
  • Produk peralatan dapur, pemasaran sudah ke Irian jaya, Sragen, Purwodadi dan kebanyakan masih disekitar wilayah Klaten.
  • Produk tas, pemasaran masih di sekitar wilayah Klaten.
  • Produk dompet, pemasaran sudah ke Solo, Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Sumatera dan Magelang.
  • Produk wayang, pemasaran sudah ke Jakarta, Bandung, Purwokerto, Jawa Timur, Yogyakarta, Solo, Wonogiri dan Sukoharjo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar